Kampanye Digital Isu Lansia Produktif di Kalangan Remaja

Dalam rangka meningkatkan awareness mengenai Isu Lansia Produktif di kalangan remaja, YAKKUM Emergency Unit bekerja sama dengan Arion Agency mengadakan digital kampanye menggunakan media sosial Instagram. Kampanye digital diawali dari pembuatan akun instagram @senior.side yang diisi dengan konten informasi menarik seputar lansia seperti mitos dan fakta seputar lansia, contoh lansia inspiratif, dan kegiatan menarik apa saja yang bisa dilakukan bersama lansia. Tidak hanya menampilkan informasi satu arah, akun @senior.side juga mengadakan beberapa kegiatan untuk meningkatkan interaksi bersama audiens. Kegiatan yang pernah dilakukan seperti “Kuis Mitos-Fakta” dan “Twibbon Berhadiah”. Dalam kegiatan Kuis Mitos-Fakta, tim meminta audiens untuk memberikan tanggapannya mengenai informasi mitos dan fakta yang sudah diunggah dalam feeds @senior.side sebelumnya. Tanggapan dari audiens ditampilkan dalam snapgram dengan menandai akun @senior.side dan @arion.agency dalam unggahan tersebut. Dari sekitar 40 orang peserta, kemudian dipilih satu orang peserta dengan jawaban terbaik.

Peserta Twibbon Prize  (IG @senior.side)

 

Hal menarik yang ditemui adalah beberapa partisipan dari kelompok umur remaja dan dewasa awal ini bukan hanya memberikan respon positif mereka dengan foto dan tulisan dalam unggahan mereka, tetapi juga mengajak tim agency secara personal untuk berdiskusi bahwa isu ini sebenarnya penting untuk diketahui semua orang. Partisipan menceritakan bahwa ada nilai atau kebiasaan yang bisa saja di kehidupan yang akan datang sudah tidak ada lagi karena kita sebagai generasi muda kurang melihat sisi inspiratif dari generasi yang lebih tua, contohnya kegiatan berkebun. Tentunya ini terjadi karena perkembangan teknologi yang pesat dan perbedaan perkembangan teknologi pada generasi lansia dan generasi remaja saat ini. Namun adanya perkembangan teknologi membuat generasi muda kurang memperhatikan kegiatan lainnya yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Fakta menarik ini membuat tim agency menyadari bahwa diluar sana banyak dari generasi muda yang menyadari bahwa lansia juga dapat menginspirasi kita. Dari lansia mungkin kita tidak bisa mendapatkan pengetahuan mengenai teknologi, tetapi dari lansia kita dapat belajar lebih banyak kegiatan bermanfaat lainnya tanpa internet.

 

 

_______________

Ditulis oleh : Margareth Hervi A. - Arion Agency