Developing Innovation Hub through Partnerships for Inclusive Disaster Manag

This book provides practical guidelines for becoming an innovation hub, as YEU runs the IDEAKSI Program as a disaster management innovation hub in Indonesia. This guide was developed in 2023 by U-Inspire Indonesia as the local innovation advisor for CLIP IDEAKSI.

KAK Pembenahan dan Penataan Learning Lab Disaster Oasis

KAK Pembenahan dan Penataan Learning Lab Disaster Oasis

Brosur YEU

Brosur YEU 2001-2022

Ayo Hemat Air

Ayo hemat air

Toolkit IDEAKSI: Kemitraan Inovasi untuk Penanggulangan Bencana Inklusif

Buku ini menyajikan pedoman praktis untuk menjadi hub inovasi, sebagaimana YEU menjalankan Program IDEAKSI sebagai sebuah hub inovasi penanggulangan bencana di Indonesia. Panduan ini disusun pada 2023 oleh U-Inspire Indonesia sebagai local innovation advisor CLIP IDEAKSI.

Profil Komunitas, Kegiatan, dan EWS PB Palma

Materi Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) PB Palma GKJ Ambarrukma ini menyajikan profil PB Palma, kegiatan kesiapsiagaan yang diinisiasi bersama masyarakat, dan sistem peringatan dini hasil inovasi dalam Program IDEAKSI YEU.

Peran Tempat Ibadah Tangguh Bencana dalam PRB yang Efektif dan Inklusif

Materi Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) dari Unit Penanggulangan Bencana dan Pelayanan Masyarakat (PB Palma) GKJ Ambarrukma ini menceritakan pengalaman PB Palma dalam berkolaborasi dengan komunitas masyarakat untuk mengurangi risiko bencana di lingkungan sekitar gereja.

Rencana Evakuasi Inklusif Erupsi Gunungapi Merapi Kalurahan Girikerto

Materi komunikasi, informasi, dan edukasi (KIE) dari Perkumpulan Lingkar ini meringkas jalur evakuasi saat terjadi erupsi Merapi di Kalurahan Girikerto. Keunggulan materi KIE ini adalah ringkasan teknis/cara evakuasi yang inklusif untuk memastikan semua anggota masyarakat tidak ada yang tertinggal saat terjadi bencana. Materi KIE ini disusun dalam Program IDEAKSI bersama YEU.

Praktik Baik IDEAKSI Pertama

Infografis ini menyoroti praktik-praktik baik dari IDEAKSI 1.0, yaitu: kepemimpinan masyarakat, rasa kepemilikan terhadap inovasi, pelesatrian kearifan lokal, pembelajaran berkesinambungan, memunculkan pemimpin/penggerak lokal, kemitraan lintas sektor, pertukaran pembelajaran sebaya, partisipasi bermakna dari kelompok berisiko, dan adaptif perubahan.

Pencapaian IDEAKSI Pertama

Infografis ini menampilkan capaian-capaian dari IDEAKSI 1.0, termasuk jumlah mitra lokal yang didukung, penerima manfaat, dan dampak program yang dirasakan masyarakat di lokasi inovasi dikembangkan, diuji, dan digunakan.

Mitra Kami

Media Sosial

@yakkumemergency
yakkumemergency