Karir

Local Innovation Advisor

Penempatan DI Yogyakarta

YAKKUM Emergency Unit (YEU) merupakan salah satu unit kerja YAKKUM (Yayasan Kristen untuk Kesehatan Umum) dengan mandat utama melakukan tanggap kedaruratan terhadap bencana dan inisiatif kesiapsiagaan komunitas. YEU memiliki pengalaman pelayanan kemanusiaan sejak tahun 2001 dan memberikan dampingan kepada lebih dari 300 desa, serta bermitra dengan para pihak, termasuk aktor-aktor penanggulangan bencana, pemerintahan setempat dan organisasi berbasis komunitas.

Melalui dukungan dari Elrha[1] dan Start Network[2], YEU akan menjalankan proyek “Community Led Innovation Partnership” atau Kemitraan untuk Inovasi Berbasis Komunitas. Proyek ini memiliki tujuan meningkatkan aksesibilitas, akuntabilitas dan inklusi bagi kelompok paling berisiko dalam proses tanggap kedaruratan dan kesiapsiagaan melalui inovasi yang didukung oleh komunitas.

Provinsi DI Yogyakarta dipilih menjadi area target dalam proyek ini dengan dasar memiliki 12 potensi ancaman bencana[3] yang berisiko dari skala sedang hingga tinggi. Proyek ini berdurasi 3 tahun, yang dimulai pada April 2020 hingga Maret 2023. Proyek ini berkomitmen untuk mendukung para inovator di tingkat komunitas untuk menghasilkan, menguji dan mengembangkan solusi terhadap prioritas masalah yang dihadapi dalam proses tanggap kedaruratan dan kesiapsiagaan bencana baik di tingkat lokal maupun nasional. Tiga hasil capaian yang diharapkan melalui proyek ini:

  1. Inovasi mengatasi hambatan bagi penyandang disabilitas dan kelompok rentan lainnya dalam berpartisipasi secara aktif, serta memiliki kapasitas dalam tanggap bencana dan kesiapsiagaan,

  2. Inovasi meningkatkan efektivitas tanggap kedaruratan dan inisiatif pengurangan risiko bencana

  3. Inovasi mendorong pelibatan penyandang disabilitas dan kelompok rentan lainnya dalam proses koordinasi dan pembuatan kebijakan terkait penanggulangan bencana.

Fase proyek yang akan dijalankan akan mengikuti alur sebagai berikut:

Untuk memastikan program ini dapat berjalan dengan baik, YEU membuka kesempatan menjadi Local Innovation Advisor untuk penempatan di Yogyakarta. Posisi ini akan bertanggung jawab pada Manajer Proyek dan bekerja bersama Inclusion Advisor dan tim proyek untuk mempertajam solusi inovasi yang dikembangkan oleh inovator lokal dan di saat yang sama memastikan kapasitas inovator lokal dalam hal kepemimpinan, manajemen, serta kolaborasi untuk inovasi semakin kuat. 

Kegiatan utama untuk peran ini meliputi:

  • Memberi masukan untuk meningkatkan ide dan praktik inovasi

  • Memetakan inovasi-inovasi terkait kebencanaan yang sudah ada baik yang bersifat ilmiah maupun berdasarkan kearifan lokal

  • Berkoordinasi dengan inovator lokal dan tenaga ahli untuk memvalidasi solusi

  • Mengidentifikasi isu-isu yang penting untuk penguatan kapasitas inovator lokal

  • Membangun kemitraan lokal dan regional dengan berbagai pemangku kepentingan dari organisasi lokal hingga sektor swasta dan pemerintah

  • Mendokumentasikan dan menyebarkan pembelajaran dari proses pengembangan solusi inovasi yang dilakukan inovator lokal

 

Kualifikasi:

  • Pengalaman 5-10 tahun bekerja pada pengembangan inovasi terutama di bidang kemanusiaan, penanggulangan bencana, atau community-development

  • Paham standar kemanusiaan inti, standar Sphere dan standar kemanusiaan yang inklusif

  • Paham isu disabilitas, kelanjutusiaan, dan inklusi

  • Pengalaman bekerja bersama organisasi berbasis masyarakat/ kelompok masyarakat

  • Keterampilan fasilitasi yang kreatif

  • Keterampilan komunikasi tertulis 

  • Pengalaman menyusun alat dan metodologi untuk memantau progress inovasi 

  • Dapat bekerja dalam tim 

 

Prosedur Aplikasi :

Surat lamaran, CV dan dokumen pelengkap lainnya dapat dikirimkan paling lambat 12 Maret 2021 melalui email dengan mencantumkan “Local Inovation Advisor” pada subjek email kepada:

hrd.yeu.jogja@gmail.com
yeu@yeu.or.id

 

 

[1] Lebih lanjut mengenai Elrha dapat dilihat di tautan https://www.elrha.org/about-us/

[2] Lebih lanjut mengenai Start Network dapat dilihat di tautan https://startnetwork.org/about-us

[3] Sumber: http://birohukum.jogjaprov.go.id/storage/15726_2020pg0034065.pdf

Mitra Kami

Media Sosial

yakkumemergency