Pelatihan Analisis Sosial oleh Bapak Emmanuel Subangun

Pelatihan Analisis Sosial diselenggarakan oleh tim Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Yakkum Emergency Unit pada bulan September 2016. Pelatihan yang dilaksanakan tidak hanya menyentuh aspek keterampilan untuk melakukan analisis tapi terutama menyediakan ruang untuk membongkar nilai, pemikiran dan cara pandang para peserta terhadap masyarakat dan realitas sosial. DIfasilitasi oleh Bapak Emmanuel Subangun, pelatihan dilaksanakan selama 3 hari bertempat di Disaster Oasis dan live in di Kecamatan Panggang, Gunung Kidul yang diikuti oleh staf YEU, Pusat Rehabilitasi Yakkum dan Combine.

Analisis Sosial adalah istilah yang tidak asing bagi pegiat sosial masyarakat sebagai kemampuan dasar yang harus dimiliki untuk menjalani kegiatan-kegiatannya. Bahkan, di kalangan organisasi kemahasiswaan intra maupun ekstra kampus, penguasaan Analisis Sosial menjadi salah satu elemen penting pembentukan kader. 

Yakkum Emergency Unit menyadari pentingnya kemampuan Analisis Sosial bagi pegiat sosial masyarakat dan memasukkannya sebagai salah satu materi dalam kebutuhan pelatihan untuk staf khususnya staf program.  Mempertimbangkan minat para peserta dan pentingnya topik ini, materi kemudian dikembangkan menjadi pelatihan dengan bahasan lebih menyeluruh.

Pelatihan Analisis Sosial ini tidak hanya menyentuh aspek keterampilan untuk melakukan analisis tapi terutama menyediakan ruang untuk membongkar nilai, pemikiran dan cara pandang para peserta terhadap masyarakat dan realitas sosial.

Materi yang akan disajikan mencakup:
1. Pengantar Analisis Sosial
2. Analisis Teks 
3. Perangkat Analisis Sosial
4. Praktek Analisis Sosial
5. Kertas Posisi
6. Penyusunan Program

Tujuan dari pelatihan Analisis Sosial ini adalah untuk membangun pemahaman dan kesadaran peserta tentang Analisis Sosial bagi para pegiat masyarakat yang berorientasi pada agenda Perubahan Sosial.

Photo credit: Ratna Susi, Jessica Novia / YEU