• Sign Up
  • |
  • Login

PERINGATAN HLUN 2017-TEMPURAN,MAGELANG

By Admin | Senin, 22 Mei 2017 | 391 views

Magelang, 20 Mei 2017

Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) merupakan salah satu hari peringatan penting di Indonesia yang diperingati setiap tanggal 29 Mei sebagai wujud kepedulian dan penghargaan terhadap orang lanjut usia. HLUN di Indonesia secara resmi dicanangkan pada 29 Mei 1996 di Semarang untuk menghormati jasa KRT Radjiman Wedyodiningrat yang dalam usia lanjutnya memimpin sidang pertama Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) pada 29 Mei 1945, saat beliau berusia 66 tahun.

Angka harapan hidup semakin tinggi di Indonesia dan jumlah populasi lanjut usia pun semakin bertambah dari tahun ke tahun. Usia yang dikategorikan dalam lanjut usia adalah yang berumur lebih dari 60 tahun (UU no. 13 tahun 1998). Lanjut usia yang ada di Kabupaten Magelang berjumlah 106.340 jiwa dan diproyeksikan akan meningkat dalam 25 tahun ke depan. Searah dengan meningkatnya populasi lanjut usia, pemenuhan kesejahteraannya pun diharapkan akan semakin membaik, untuk itu diperlukan perhatian dan kepedulian segenap masyarakat.

Pelaksanaan HLUN tahun 2017 mengangkat tema “Hidup Bermartabat di Usia Senja, Lanjut Usia Sejahtera”, dengan subtema “Bersama Membangun Kepedulian Terhadap Lanjut Usia”. Tema dan subtema ini memiliki penekanan akan pentingnya membangun perhatian dan kesadaran terhadap pemenuhan kesejahteraan lanjut usia, melalui terciptanya peluang maupun kebijakan yang berpihak kepada hak-hak dan pemenuhan kebutuhan lanjut usia. Selain itu, tema dan subtema ini mendorong bagi terciptanya peningkatan aktualisasi diri dan peran sosial lanjut usia di masyarakat. Rangkaian kegiatan HLUN 2017 resmi dimulai pada April hingga Juni 2017. Rentang waktu ini lalu diperingati sebagai ‘Bulan Lanjut Usia’.

Salah satu agenda HLUN tahun 2017 di Kabupaten Magelang berpusat di Kantor Kecamatan Tempuran dengan dihadiri sekitar 200 peserta lanjut usia yang berasal dari perwakilan lanjut usia Kecamatan Tempuran, Borobudur, Salaman, Salam, Srumbung dan Muntilan. Kegiatan bersama para lanjut usia ini meliputi (1) senam lanjut usia, (2) praktik bersama pijat untuk lanjut usia, (3) pemeriksaan kesehatan gratis dan (4) screening katarak bagi lanjut usia. Kegiatan ini bertujuan untuk menjadi wadah bagi bertemunya kelompok lanjut usia dari beberapa wilayah untuk saling berinteraksi, menambah wawasan terkait pengelolaan kelompok lanjut usia, sekaligus untuk menjamin pemenuhan hak atas kesehatan bagi lanjut usia.
Kegiatah peringatan HLUN tahun 2017 ini merupakan kolaborasi antara pihak pemerintah, dalam hal ini Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Magelang dan dukungan pihak Kecamatan Tempuran yang bekerja sama dengan lembaga non pemerintah seperti YAKKUM Emergency Unit (YEU), PKPU Lembaga Kemanusiaan Nasional, GKI Muntilan, dan GKI Gejayan.

(YEU)

  • Situation Report #2 Warning Status of Mt. Agung in Bali

    8 October 2017 Situation Report #2 Warning Status of Mt. Agung in Bali   Highlights : ¨ As of 7 October 2017 at 06:00 pm local time, there were 141.322 displaced people who were distributed in ...

  • Situation Report #1 Gunung Agung

      Laporan Situasi #1 Gunung Agung     Dukungan Tanggap Darurat Gg. Agung Negara Indonesia Jenis Laporan Laporan Situasi Lokasi Tanggap Darurat Kabupaten Karang Asem Prov Bali Nomor Laporan #1 Laporan Dipersiapkan oleh Sari Mutia Timur Tanggal Pelaporan 02 Oktober  2017     Sorotan Pengungsi masih tersebar di 416 titik pengungsian yang ...

  • Deklarasi Urban Thinkers Campus "Membangun Kota yang Beretika dan Berkeadilan"

    Laju pertumbuhan di Kota Yogyakarta yang semakin meningkat akan terkait dengan kemampuan kota untuk menampung segala kepentingan warga kota yang terdiri dari pemerintah, masyarakat sipil, dan pihak swasta. Pertumbuhan ini ...

VIEW ALL NEWS
VIEW ALL STORIES

Our Partners