Syarat Umum

(Basic – Core Soft & hard Competence & Skill)

 

 

Memiliki &/Penguasan terhadap:

  1. Problem Solving Oriented
  2. Memenuhi siklus PDCA (Plan Do Check Action) dalam menjalankan fungsi
  3. Kepemimpinan
  4. Pengorganisasian
  5. Kerjasama
  6. Komunikasi
  7. Tertib Administrasi
  8. Membuat, membaca dan menganalisa laporan dan anggaran
  9. Kemampuan berjejaring yang efektif (relevansi pekerjaan)  
  10. Memahami Microsoft office
  11. Mempunya pengalaman di kontek humanitarian dan development

SYARAT  KHUSUS dan URAIAN TUGAS

Manager of HRD:

  1. Mempunyai latar belakang pendidikan psikologi atau hukum atau psikologi
  2. Memahami undang-undang ketenagakerjaan  dan perjanjian kerja bersama yang berlaku di Indonesia  
  3. Mempunyai pengalaman sebagai pengelola HR lembaga minimal 5 tahun
  4. Memiliki pengalaman, kapasitas dan mengelola staf sebanyak 60-200 orang
  5. Pengetahuan mengenai deskripsi pekerjaan serta cara mengaktegorisasikan pekerjaan
  6. Menguasai sedikitnya 9 kompetensi inti dari 13 kompetensi bidang kepegawaian yaitu:
    1. Pengelolaan Rekrutmen dan Seleksi
    2. Pengelolaan Administrasi Gaji dan Upah
    3. Pengelolaan Administrasi Pajak
    4. Pengelolaan Presensi dan Cuti Karyawan
    5. Pengelolaan Refreshing Karyawan
    6. Pengelolaan Pelatihan dan atau Pendidikan Lanjut Karyawan
    7. Pengelolaan Penilaian Kinerja Karyawan
    8. Pengelolaan Pemutusan Hubungan Kerja
    9. Pengelolaan Rotasi, Mutasi, Promosi dan Demosi

 

Adapun Uraian Tugas (Job Description) yang akan diberikan adalah:

Bertanggung jawab kepada Direktur dengan Tugas Pokok:        

  1. Memastikan terpenuhinya SDM yang berkompetensi, efektif  dan efisien sesuai kebutuhan divisi dan atau bidang yang membutuhkan
  2. Membuat sistem dan mekanisme kepegawaian yang mencakup pengaturan hak dan kewajiban staf minimal dengan mengacu kepada UU no 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dan Perjanjian Kerja Bersama (PKB) YAKKUM dan disesuaikan dengan kondisi lembaga
  3. Melakukan analisa terhadap segala kebijakan dan prosedur yang hendaknya sesuai dengan hukum ketenagakerjaan yang berlaku dan memastikan bahwa semua jajaran terutama jajaran eksekutif/manajerial mengetahui bila ada perubahan dalam hukum ini.
  4. Melakukan sosialisasi atas sistem dan mekanisme kepegawaian
  5. Melaksanakan program-program pengembangan sumber daya manusia
  6. Menyediakan panduan yang ditujukan untuk proses pengembangan diri dan seluruh staf 
  7. Melakukan asesmen secara terus menerus dan berkala dalam bidang kepegawaian dan jajaran di bawahnya
  8. Memastikan divisi memiliki dokumentasi yang tersusun rapi mengenai segala hal yang berkaitan dengan SDM baik yang terjadi di masa lalu dan masa sekarang
  9. Memastikan divisi memiliki perencanaan dalam hal monitoring kinerja karyawan yang bisa ditindaklanjuti dengan tindakan yang paling tepat mulai dari tindakan pendisiplinan, melakukan konseling dan juga mencoba membantu dalam penyelesaian masalah yang dihadapi staf
  10. Melakukan evaluasi dan pengukuran terhadap tingkat kepuasan para karyawan dan mengidentifikasi area yang membutuhkan peningkatan
  11. Membuat &/ melakukan review atas Standard Operational Procedure bagi pelaksanaan Pengembangan SDM (SOP PSDM), membuat Standar Kompetensi Nasional Indonesia (SKKNI)
  12. Terlibat terhadap pemenuhan kebutuhan monitoring dan audit lembaga
  13. Bertanggung jawab menyiapkan dan mendiskusikan rekomendasi pengembangan kebijakan dan sistem kepegawaian dengan Direktur

 

Tanggungjawab harian :

  1. Melakukan asesmen secara terus menerus dan berkala akan kebutuhan dan pemenuhan SDM yang efektif dan efisien
  2. Bertanggung jawab dalam proses rekruitmen dan tes penempatan (recruitment and placement test)
  3. Membuat draft/konsep Surat Keputusan (SK) kelembagaan yang diterbitkan oleh Direktur yang kaitannya dengan kepegawaian
  4. Bersama Manajer Divisi dan atau PM/AM merumuskan uraian tugas bagi tim masing-masing divisi dan atau proyek
  5. Memastikan staf menjalankan pekerjaannya sesuai dengan Standard Operational Procedure Pengembangan Sumber Daya Manusia (SOP PSDM) dan Kode Etik YEU
  6. Mengkoordinir sub divisi di bawahnya mencakup Administratif-payroll, Pengembangan dan Rumah Tangga secara intensif dan komunikatif
  7. Mengikuti kluster HRD yang diselenggarakan oleh YAKKUM dan menjadi peserta yang aktif
  8. Melakukan update atas kebijakan sistem dan aturan kepegawaian sesuai dengan aturan kelembagaan minimal satu tahun satu kali untuk SOP
  9. Memastikan komunikasi yang efektif setiap staf sesuai dengan Struktur Organisasi dan atau Struktur Proyek
  10. Melakukan supervisi atas penugasan dari Direktur
  11. Bersedia memberikan internal capacity building baik pada sub divisi maupun divisi lain sesuai kebutuhan

Our Partners

Social Media

yakkumemergency